Now You See Me – Keajaiban sulap yang menyihir polisi dunia

Mendekatlah, karena semakin keu mendekat, akan semakin mudah kau terbodohi

Ditengah-tengah hiruk pikuknya film superhero yang dikuasai oleh Marvel Cinematic Universe yang akan merilis phase 4 nya, saya mencoba untuk menyempat-nyempatkan sebuah film yang menarik, yang dikenal dengan istilah caper story.

Bukan, bukan caper cari perhatian.

Ini adalah sebuah cerita tentang aksi yang mengagumkan dan kerja sama dari beberapa orang yang terspesialisasi.

Seperti strategi dalam sepak bola, ada orang yang berbakat dalam menyerang, ada yang berbakat dalam bertahan, ada yang berbakat dalam kiper. Hanya saja caper story lebih dikhususkan pada cerita tentang tindak kriminal, bukan cara mencetak goal yang baik.

Inilah tema yang diangkat oleh film Now You See Me, sebuah strategi tentang tindak kriminalitas yang terencana, terstruktur, dan terlaksana dengan orang yang memiliki keahlian dibidangnya masing-masing. Dan… kali ini yang diangkat adalah bertemakan sulap.

Disutradarai oleh Louis Leterrier, kalian akan dibawa kedalam dunia kriminal penuh intrik dan keajaiban palsu.

Plot

Empat orang pesulap jalanan yang memiliki berbagai macam keahlian, dikumpulkan secara tiba-tiba oleh seseorang bertudung gelap. Mereka memiliki keahlian dan sikap masing-masing, tetapi takdir dari kartu tarot menyatukan mereka.

Seseorang mempertemukan mereka di suatu gedung yang masih terkunci, dan secara rahasia mereka menemukan sebuah trik sulap dalam gedung tersebut. Trik sulap yang mungkin akan mengubah hidup mereka.

Beberapa tahun kemudian, dengan dibiayai oleh seorang milyuner, empat orang pesulap jalanan ini mempresentasikan sebuah sulap yang sangat kontroversial, yaitu sulap merampok bank dan kemudian membagikannya kepada hampir seluruh audiens mereka.

Uang dari bank sejauh ratusan mil di Prancis dengan mudahnya mereka pindahkan dan mereka sebarkan di gedung pertunjukkan mereka di New York. Lalu? Bisa ditebak, mereka segera ditangkap oleh polisi.

Tapi, apa yang bisa polisi lakukan? Mereka tidak punya bukti nyata? Hanya sebuah keajaiban dan sulap yang bisa membawa dan membuktikannya, dan agen mereka menolak percaya hal tersebut.

Dyla Rhodes (yang diperankan oleh Mark Ruffalo) mencoba untuk mengupas trik mereka dalam merampok bank, dibantu oleh Bradley (yang diperankan oleh Morgan Freeman) sebagai konsultan dan veteran dalam dunia sulap, mampukah polisi dan interpol ini memecahkan kasus yang dipenuhi keajaiban tersebut.

Kenikmatan Sulap Sementara yang Terbendung

Sebuah plot yang menarik bukan?

Yap, memang menarik, jika memang alurnya agak diperlambat sedikit, atau mungkin bisa lebih diperdetail dan diisi sedikit kekosongannya.

Entah karena ini misteri atau apa, hanya saja saya merasa bahwa alur yang seharusnya fantastis dengan adegan klimaks yang harusnya menegangkan menjadi sebuah alur yang penuh dengan misteri, dan klimaks yang masih menggantung.

Ini seolah tidak lebih dari para perampok jalanan yang over-powered dengan menggunakan trik sulap mereka tanpa sedikit penjelasan yang masuk akal, atau jika diambil sisi jeleknya sih kayak film superhero yang merampok dan bertindak kriminal.

Sulap yang harusnya menakjubkan dan menyenangkan menjadi sedikit ternodai karena mereka melakukannya untuk kepentingan mereka sendiri, bukan untuk hiburan.

The Eye

Saya juga jadi sedikit teringat dengan hint yang mungkin diperuntukan untuk sekuelnya, hanya saja sepertinya jika sekuel tidak jadi dibuat hint yang ada ini tentu saja juga tidak akan berguna.

Penjelasan tentang sebuah komunitas yang disebut dengan The Eye ini tidak begitu berhubungan dengan klimaks yang ada, hanya ini menimbulkan sedikit kekecewaan pada diri saya saat melihat bahwa klimaknya tidak begitu berhubungan (oke, ini mungkin jadi spoiler)

Character Development

Plin-plan dan penuh misteri

Tokoh utama yang ada dalam film ini, tentu saja empat pesulap jalanan tersebut.

Apa harapan kalian saat melihat sebuah tim yang terdiri dari empat orang pesulap?

Jika saya pasti mengharapkan mereka semua kompak, tidak begitu ada banyak konflik dan bisa percaya satu sama lain seperti kru one piece. Tetapi dalam film ini pengembangan karakternya sedikit tidak teratur.

Mereka memulai dengan pertemuan kebetulan, kemudian sedikit bekerja sama dan kemudian terpecah lagi tanpa ada permasalahan yang jelas, dan bertentangan dengan klimaks.

Tapi, pengembangan yang seperti itu, pastinya akan semakin mendebarkan dan tidak terduga.

Kesimpulan

Tema yang mungkin sedikit lama, dengan senuhan baru membuat sedikit nostalgia. Hanya saja mungkin ada beberapa alur yang harusnya tidak terjadi kekosongan. Pengembangan karakternya juga sedikit plin-plan dan jauh dari kata teratur, ini mungkin akan sedikit membingungkan.

Kalo untuk konflik internal mungkin saya rasa juga kurang diekspektasikan oleh beberapa penonton sih, kecuali dalam timing yang pas. Dan konflik tersebut harusnya malah memperkuat kesolidan tim tersebut.

But overall, alur yang disampaikan cukup menarik dan membuat kalian bisa bertahan dalam penasaran selama hampir dua jam penuh, karakter yang ada juga membuat kalian tidak dapat melewatkan adegannya barang hanya untuk kekamar kecil sekalipun. Good.

Tanggal Rilis : 7 Juli 2013 (di Indonesia)
Genre : Crime/Thriller
Durasi : 115 menit
Sutradara : Louis Letterier
Rating : 8 of 10

Now You See Me – Keajaiban sulap yang menyihir polisi dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
www.000webhost.com