Logika Selayang Pandang – Panduan Logika untuk Pemula

Kalian semua pasti sudah pernah mendengar tentang logika kan? Tapi kalian tau ga sih apa itu logika?

Logika itu…. Ya Logika…. XD.

Bagaimana kalian bisa berpendapat bahwa pendapat kalian logis dan masuk akal kalo kalian sendiri tidak bisa membuat pengertian tentang apa itu logika. Apakah itu bisa dipertanggung jawabkan?

Nah… kan mungkin kalian tidak bisa menjelaskan secara detail apa itu logika, kenapa kita harus belajar logika dan gimana sih ciri-ciri orang yang bisa berpikir logis. Tapi, tenang, buku ini akan membantu kalian untuk sedikit memahami tentang logika.

Buku dengan tebal 81 halaman (oke, saya juga merasa bahwa untuk ukuran buku nonfiksi, ini terlalu tipis) ini membahas selayang pandang tentang logika.

Eitss…. Jangan tertipu dengan tipisnya buku ini sehingga kalian meremehkan apa yang ada di dalamnya. Meskipun buku ini terlalu tipis, bahkan untuk satu chapter novel, tetapi informasi yang ada dalam buku ini mungkin akan membuat kepala anda meledak.

Bahasa

Kebanyakan buku nonfiksi yang saya baca adalah buku bisnis dan pengembangan diri. Biasanya buku seperti itu sarat dengan contoh di dunia nyata, cerita inspirasi, dan beberapa pendapat serta kutipan.

Itu tidak akan kalian temui dalam buku yang satu ini. Buku ini hanya berisi satu benda yang diulang-ulang, yaitu teori, teori dan teori. Ada banyak sekali contoh teoritis, dan apa yang saya sebut teoritis artinya adalah terkadang itu tidak nyata dan penuh dengan filosofis.

Oke, siap-siap aja pusing untuk membaca buku ini. Buku ini dikemas dengan bahasa yang tidak biasa, dan tiap kalimat mungkin tersusun dari pokok kalimat sehingga tidak ada satu kalimat pun yang tidak penting disini (saya harus menyediakan sticky note ekstra untuk menandai bagian yang penting di buku ini dan itu membutuhkan hampir satu set)

Sistematika

Jika kalian adalah orang yang sistematis dan suka dengan semua hal secara berurutan, kalian mungkin akan suka dengan buku ini.

Tetapi, jika kalian merupakan orang sistematis dan kemudian menyukai kerapian seperti indentasi, penomoran yang baik, dan lain sebagainya, sebaiknya kalian bersiap-siap untuk frustrasi saat membaca buku ini.

Indentasi yang ada kurang baik, dengan penomoran yang mungkin bisa dibilang acak-acakan sehingga terkadang saya pun bingung, ini subbab yang mana, ini bab yang mana.

Materi

Materi yang ada didalam sini merupakan materi untuk pemula, hanya saja dikemas dengan bahasa yang sangat tinggi sehingga mungkin seorang pemula menjadi malas saat membacanya.

Kesimpulan

Oke, buku ini tipis tapi berat. Baik dari segi bahasa, pemahaman, maupun sistematika yang benar-benar berat. Kalian mungkin akan menghabiskan waktu untuk membolak-balik kalimat yang ada untuk memahami isinya, dan itu mungkin membuang waktu.

Rating: 6.5 of 10

Jika kalian ingin membaca sedikit tentang bagaimana logika itu secara selayang pandang, kalian bisa membaca tulisan saya di sini.

Logika Selayang Pandang – Panduan Logika untuk Pemula

Satu tanggapan pada “Logika Selayang Pandang – Panduan Logika untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
www.000webhost.com