Summerly

Summarize Review of Anime List

Bukankah sangat membosankan harus membaca review anime satu per satu hanya untuk melihat apakah anime tersebut worth dengan apa yang kita harapkan dari genrenya?

Baiklah, mungkin kalian bisa melihat rating yang ada, tapi rating hanya menggambarkan gambaran besar dari anime tersebut. Tidak ada dari rating yang menyoroti hanya ceritanya, atau hanya gambarnya dll.

Rating juga merupakan rata-rata dari rating yang di buat oleh orang lain, dan terkadang kita juga tidak bisa percaya penuh dengan rata-rata yang dibuat ole statistika (mungkin akan penulis kasih tahu beberapa hal nantinya tentang peniupuan yang selama ini di lakukan oleh statistika)

Berbeda dengan rating, review banyak membantu. Dalam hal ini review tidak bernilai angka tapi subyektif dan merupakan bentuk paparan sehingga dalam hal ini lebih bisa diambil manfaatnya.

Bayangkan anda mengambil sebuah memory card yang mahal dan berisi banyak hal, atau sebuah tumpukan gambar yang mana anda dapat memilih gambar mana yang anda sukai. Seperti itulah perbedaan rating dan review.

Hanya saja, membaca review itu membosankan. Anime yang lama saja memiliki review yang sangat banyak dan tentu saja membosankan jika kita harus membacanya satu per satu.

Oleh karena itulah penulis mencoba menggunakan IR (bahasa Indonesianya temu kembali informasi) yang di bantu dengan NLP (pemrosesan bahasa alami) untuk membuat sebuah sistem yang betujuan untuk meringkas sebuah review menjadi sesuatu yang bisa dibaca dengan mudah dan cepat

Lihat programnya di https://github.com/LoGic-b0ys/summerly

Tampilan utama

Cara penggunaannya bisa kalian lihat di Readme situs tersebut.

Ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi jika ada diantara kalian yang mau mengembangkan, entah dari sisi algoritma, interface maupun penambahan fungsionalitas, saya persilahkan untuk mengunduhnya dan mengembangkannya sendiri.

Versinya masih awal sekali, mungkin jika ada nomor versi negatif akan saya berikan pada program ini.

Dan harapan saya bagi para pengembang adalah jika kalian ingin mengembangkannya, bisa tolong post kan issue terlebih dahulu, siapa tahu nanti akan ada sedikit ide yang terbersit dari saya dan bisa membantu pengembangan lebih lanjut.

Program ini saya kembangkan dengan bahasa python dengan berbagai module dari NLTK, Apyori dan Selenium.

  • NLTK adalah module python yang sudah umum digunakan untuk pemrosesan bahasa alami seperti pencarian sinonim, POS tagging, Stemming dll.
  • Apyori adalah module python sederhana yang digunakan untuk assosiation mining. Ini penulis gunakan untuk memanen fitur yang paling sering dibahas dalam review seperti story, character, art dll,
  • Selenium adalah module python yang digunakan untuk memanen informasi dari website.

Pengembangan kedepan mungkin akan lebih di general purpose kan untuk berbagai macam review (tidak hanya anime saja, mungkin bisa movie dan lain sebagainya) dan beberapa dokumentasi yang luput untuk para pengembang.

PROJECT INFO.

  • DATE RELEASED: May 20 2019
  • CATEGORIES: Artificial Intelligence
  • TAGS: Data Mining, Text Mining, IR
Kembali ke Atas
www.000webhost.com