Tutorial Latex

Latex Tutorial

Kalian semua bingung dengan skripsi yang terkadang salah format dan sering ditolak dosen?

Bersiaplah untuk menjadi pribadi yang lebih rapi, karena dengan menggunakan ini karena jika kalian salah format, bukan hanya dosen yang akan menolak skripsi kalian, tapi komputer kalian juga akan menolaknya.

Pengertian Latex

Latex adalah sebuah bahasa typesetting yang terstruktur, hampir sama dengan HTML Seringkali latex digunakan untuk dokumen ilmiah yang berskala medium sampai luas tapi secara umum latex bisa digunakan untuk bentuk publikasi apapun.

Latex bukan sebuah pengolah kata seperti MS Word, open office dll. Tapi Latex disini bertujuan agar penulis tidak hanya fokus pada format yang ada dan fokus pada struktur serta isinya.

Fungsi Latex

Dalam pembuatan dokumen sendiri, terkadang banyak penulis yang menggunakan format yang kurang konsisten. Hal ini menyebabkan seorang penulis lebih sibuk dalam menata layout yang ada pada dokument.

Contoh saat penyusunan skripsi, kita akan dihadapkan dengan citasi-citasi dan beberapa kalimat yang di salin dari kalimat lain.

Biasanya word prosesor seperti MS Word akan menyesuaikan format dengan menggunakan format dari sumber sehingga kita akan mengubah formatnya menjadi format skripsi. Ini bisa membuang waktu kita, apalgi terkadang membuat frustasi juga.

Tapi dengan LaTex, karena semua format yang ada adalah text dengan markup, kita tidak perlu khawatir apabla formatnya tidak konsisten dan dokumen dijamin lebih rapi.

Jika dokumen kalian tidak rapi maka bersiaplah untuk di tolak oleh sang komputer.

Dalam hal ini, latex memfokuskan agar para pembuat dokumen berfokus pada isi dokumen sementara untuk syntax dan banyak hal akan dilakukan oleh ahli latex sendiri.

Oke, apa ada yang tertarik untuk belajar Latex kali ini? Mari kita lihat persiapan apa yang akan kita lakukan untuk belajar latex.

Persiapan

Dalam artikel kali ini penulis akan mencoba membuat sebuah tutorial untuk persiapan komputer untuk menulis latex.

Peralatan yang kita butuhkan

Install dulu kedua program diatas dan kemudian restart komputer (restart ya, bukan shutdown terus di idupin lagi) dan kita akan lakukan proses setelahnya.

Setting pada Sublime Text

  • Install Package Control
  • Buka browser favorit anda dan kemudian buka alamat web https://packagecontrol.io/installation
  • Buka software sublime text, kemudian pencet Ctrl + ` (ini apostrof yang ada di sebelahnya angka satu itu) atau bisa juga dengan menggunakan View -> View Console
  • Paste kode yang ada di alamat web tersebut ke konsol dan tekan enter
  • Tunggu sampai proses dibawah selesai

Install Latex Tool

  • Setelah package control terinstall tekan Ctrl + Alt + P dan cari aja install package.
  • Pastikan koneksi internet anda berjalan karena sublime akan mendaftar package apa saja yang bisa diinstall.
  • Setelah udah ada listnya, cari disitu LatexTools dan kemudian klik namanya. Tunggu proses download
  • Setelah itu kalian bisa menggunakan latex pada sublime text. Oke, untuk preview aja, mari kita coba membuat cover dengan latex. Copy code dibawah ini pada sublime text.
\documentclass[a4paper]{report} 
\begin{document}
\title{Proposal Skripsi}
\author{Zee}
\date{\today}
\maketitle
\end{document}
  • Setelah itu save dengan ekstensi *.tex
  • Tekan Ctrl + B
  • Kemudian lihat hasilnya

Video

Video bisa dilihat di

Tutorial Lanjutan

Oke, mungkin tutorial setupnya bisa diakhiri sampai sini dulu. Bagi kalian yang tertarik untuk menggunakan Latex bisa menonton playlist video tutorial yang rencananya akan saya buat.

Jangan lupa subscribe channelnya ya….

Tutorial Latex

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas
www.000webhost.com